Ayo Membuat Orgonite Sendiri

Posted by admin 29/08/2017 0 Comment(s) umum,


Orgonite yang sederhana (cukup untuk Gifting) dibuat dari Resin fiberglass, Serbuk logam (segala macam) dan Batu kristal , yang dicor di dalam Mal yang anda pilih. Tidak ada salah satu bentuk atau satu ukuran untuk Orgonite yang paling bagus tetapi ada beberapa disain yang sering kita gunakan untuk 'taktikal gifting' .
 

Untuk membuat Orgonite sendiri, bahan yang anda perlukan:

Serbuk Logam: 
Limbah bengkel bubut atau serbuk logam bekas bor berguna untuk membuat Orgonite (serbuk logam dengan ukuran kira-kira satu sentimeter panjang dan berbentuk spiral cocok ). Serbuk yang terlalu halus (misalnya bekas kikir) atau yang terlalu kasar (misalnya baut dan mur) tidak bisa dipakai untuk membuat Orgonite.

Segala macam logam (kuningan, tembaga, besi biasa, stainless dll) bisa dipakai tetapi banyak juga yang memakai serbuk aluminium.
Logam Tembaga dan Alumunium bisa dibeli di Shin Orgonite


Kristal Quartz:
Sejenis batu kristal untuk 'taktikal orgonite' tidak perlu terlalu bagus. Batu kristal yang pecah atau kotor, yang ditemukan sendiri di sungai bisa juga digunakan. Anda boleh juga membeli di toko kristal tetapi hanya perlu yang belum di poles. 
Kristal Quartz bisa dibeli di Shin Orgonite


Resin fiberglass:
Hanya komponen ini yang agak mahal (biasanya dengan harga sekitar Rp.20.000 per kilogram).
Resin harus dicampur dengan Katalist kira-kira 3% (lebih baik bertanya kepada penjual untuk informasi yang lebih jelas mangenai perbandingan resin dan katalist).
Sesudah diisi katalist, resin yang masih encer memerlukan waktu sebelum menjadi matang.
Tergantung jenis resin, waktu yang dibutuhkan untuk menjadi matang bisa antara satu sampai duabelas jam.
Lebih baik memilih resin yang memerlukan waktu yang cukup lama sebelum matang, daripada resin telah menjadi kental sebelum anda dapat digunakan.


Mal:
Hendaknya anda memilih mal yang bisa tahan panas karena resin akan menjadi sangat panas selama proses pematangan.
Kita sering memakai cangkir kertas atau loyang kue bolu untuk Orgonite yang kecil (TB) dan kertas yang berbentuk kerucut, kaca serta aluminium untuk Orgonite berbentuk kerucut atau piramid (HHG). Mal yang terbuat dari plastik tidak akan tahan panas.
 


Alat-alat lain yang anda perlukan: 
Cangkir yang digunakan untuk mengaduk resin dan katalist (dengan ukuran satu liter atau lebih dan terbuat dari kaca) 
Batang bambu untuk mengaduk resin. Lap untuk membersihkan tetesan dari tumpahan resin. Meja yang cukup besar dan datar untuk bekerja.
 


Keamanan yang harus diperhatikan:
Waktu proses pematangan, resin fiberglass mengeluarkan uap yang berbahaya. 
Sebaiknya anda memilih tempat yang berventilasi (misalnya ditempat terbuka atau diteras) dalam pembuatan Orgonite.
Hendaknya memakai sarung tangan serta memakai pakaian yang telah usang.
 

Resep Dalam Pembuatan Orgonite:
Sebelum mengisi campuran orgonite di mal, anda jangan lupa memberi pelicinan yang tipis seperti oli supaya anda dapat dengan mudah melepaskan Orgonite dari mal waktu resin sudah matang. Usahakan anda mendapatkan perbandingan Resin dan Logam mendekati 50 per 50 (untuk ukuran volume). Kalau serbuk logam agak kasar, anda bisa mengisi logam dan kristal terlebih dahulu kedalam mal, kemudian tuangkan resin dari atas sampai logam bersaturasi dan tertutup.

Apabila serbuk logam terlalu halus, lebih baik mencampur logam dan resin dicangkir sebelum dimasukkan ke dalam mal memakai sendok. Setiap campuran resep dalam pembuatan orgonite selalu berbeda dan anda harus berusaha sendiri sampai menemukan suatu cara untuk hasil yang lebih baik untuk anda.


Sumber: http://www.baligifter.org/index2.htm

Leave a Comment